Muhamad Sigid2vctb5jatengdiy purworejo


KISAH ANAK RANTAU (Saatnya Selamatkan Hutan Kita)

Kali ini saya akan mereview buku kisah anak rantau saatnya selamatkan hutan kita. Lembaga Penyedia Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. Penulisnya Sakbani, S.Pd. Buku ini berisi tentang kisah Mirza yang sekolah di SMPN di daerah Semarang. Mirza hidup dengan nenek paman dan bibinya serta adiknya. Sedangkan kedua orang tuanya tinggal di Sumatera Selatan. Hidup dengan keterbatasan jauh dari orang tua dan menghabiskan banyak bekerja. Di sekolah ini dia dididik oleh Pak Ali lebih menekankan kepada peduli lingkungan. Suatu ketika si Mirza rindu kedua orang tuanya yang berada di Sumatera Utara dan ingin pergi kesana. 

Setelah rencananya itu berhasil dia disana dijemput kedua orang tuanya. Sambil menengok kanan kiri melihat gundul dan tidak ada tanaman sedikitpun. Usut punya usut ternyata hutan gundul karena oknum perusahaan tertentu. Di sana Mirza bertemu dengan Agus yang juga bertemu dengan pihak kepolisian hutan peneliti. Mereka akhirnya sepakat untuk melakukan reboisasi. Dengan syarat buah-buahan makan menjadi milik warga. Tanah hanya hak pakai saja. Kesepakatan tersebut disetujui. Masyarakat ,Polisi Hutan dan Peneliti sama-sama tercapai tujuannya. 

Setelah selesai melakukan reboisasi si Mirza pulang ke Semarang untuk melanjutkan sekolahnya di SMP. Suatu ketika dia oleh Pak Ali disuruh untuk memaparkan karya ilmiahnya. Pak Ali pun terkesan dengan karya itu karena Mirza melakukan itu sendiri. Keunggulan buku ini Unggul dalam hal gambar editing yang bagus yang warna-warni. Setiap bacaan langsung diselingi dengan gambar-gambar. Bacaan yang tidak terlalu banyak untuk anak sangat cocok sekali. Kekurangan buku ini gambarnya kurang detail. Lebih detil akan membuat buku lebih menarik lagi. 

Buku ini untuk kalangan anak-anak dan remaja lebih suka dengan aneka gambar warna. Alternatif lain bisa dengan gambar dan teks cara ini akan membuat pembaca tidak bosan. Bosan hanya akan membuat minat baca turun. Pada tidak ada yang tertarik pada membaca buku. Zaman sekarang lebih tenar komik manga dari Jepang yang dengan menarik detail. Komik percakapan dengan ukuran buku yang kecil simpel dan mudah dibaca itulah bacaan yang laku di pasaran. Saran-saran untuk buku ini buatlah karya yang lebih menarik dalam desain. Buku kalau bisa buat seperti komik manga Jepang yang banyak peminatnya dan dilatarbelakangi kepahlawanan itulah yang sangat diminati oleh anak dan remaja.

link dibawah ini::::

https://youtu.be/b-PoUOtYbD0

 Muhamad Sigid2vctb5jatengdiy purworejo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhamad Sigid12Pvctb5jatengdiy Purworejo

Muhamad Sigid1vctb5jatengdiy purworejo