Muhamad Sigid12Pvctb5jatengdiy Purworejo

REVIEW RUMAH BELAJAR
1. Energi part3 (VIDEO) | IPA SD | Pasti Bisa
Kali ini saya akan mereview energi 43 IPA SD pasti bisa. Lembaga Penyedia Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi. Dengan penulis Ibu Elly guru SD Bakti Mulya 400 Jakarta. Rangkaian listrik adalah susunan alat-alat listrik yang dihubungkan dengan sumber listrik sehingga menghasilkan arus listrik. Arus listrik adalah aliran muatan listrik dari kutub positif ke kutub negatif. Berdasarkan mengalir tidaknya arus dibagi menjadi dua rangkaian terbuka dan rangkaian tertutup. Rangkaian terbuka susunan alat alat listrik yang terputus sehingga arus listrik tidak mengalir. Rangkaian tertutup susunan alat-alat listrik yang menyebabkan arus listrik mengalir. 
Berdasarkan pemasangannya terbagi seri, rangkaian paralel dan rangkaian campuran. Rangkaian seri listrik yang dipasang secara berurutan atau tanpa adanya cabang. Contohnya pada baterai lampu senter. Dengan ciri-cirinya cenderung praktis sederhana. Semua komponen sejajar tidak memiliki percabangan pada kabel nya. Ada satu jalan yang dapat dilalui oleh arus. Arah arus listrik yang mengalir di berbagai titik dalam rangkaian sama besarnya. Rangkaian paralel alat-alat listrik yang dipasang secara bercabang. Ciri-cirinya cara menyusunnya cenderung lebih rumit. Terpasang secara bersusun atau bertingkat. Memiliki rangkaian percabangan. 
Terdapat beberapa jalan yang dapat dilalui oleh arus. Arus yang mengalir pada setiap cabang memiliki yang berbeda. Setiap komponen yang terpasang mendapat besar arus yang berbeda. Rangkaian campuran susunan alat-alat listrik yang dipasang secara seri dan paralel. Ciri-cirinya besarnya tegangan pada masing-masing beban listrik sama besar. Tegangan sumber listrik pada setiap cabang dalam rangkaian paralel adalah rangkaian tersendiri. Di mana arus pada setiap cabang adalah tergantung besar. 
Jika salah satu cabang dan paralel terputus maka arus yang terputus hanya pada rangkaian tahanan tersebut. Cabang yang lain akan tetap dapat bekerja tanpa terganggu oleh cabang yang terputus tersebut. Sesi tanya jawab rangkaian seri disusun secara seri satu lampu mati maka lampu lainnya akan mati. Sedangkan pada paralel satu mati yang lainnya tetap akan hidup. Pada video YouTube yang menarik adanya host dan guru sebagai presenter. Pembelajaran dikemas dalam suasana yang santai menggunakan teknologi informasi. 
Di mana anak-anak pun sudah menggunakan sistem tersebut. Duduk yang nyaman sapi dan sopan. Kekurangannya presenter maupun pada host kurang interaktif sehingga membosankan. Saran supaya host maupun presenter itu menggunakan pakaian adat daerah. Supaya timbul rasa nasionalisme dengan penggunaan pakaian daerah dapat saling mengenal perbedaan suku dan agama. Perbedaan agama maupun suku itu kan menjadi sebuah akar dimana tumbuhlah rasa nasionalisme cinta tanah air kepada bangsa dan negaranya.

2. KISAH ANAK RANTAU (Saatnya Selamatkan Hutan Kita)

Kali ini saya akan mereview buku kisah anak rantau saatnya selamatkan hutan kita. Lembaga Penyedia Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. Penulisnya Sakbani, S.Pd. Buku ini berisi tentang kisah Mirza yang sekolah di SMPN di daerah Semarang. Mirza hidup dengan nenek paman dan bibinya serta adiknya. Sedangkan kedua orang tuanya tinggal di Sumatera Selatan. Hidup dengan keterbatasan jauh dari orang tua dan menghabiskan banyak bekerja. Di sekolah ini dia dididik oleh Pak Ali lebih menekankan kepada peduli lingkungan. Suatu ketika si Mirza rindu kedua orang tuanya yang berada di Sumatera Utara dan ingin pergi kesana. 

Setelah rencananya itu berhasil dia disana dijemput kedua orang tuanya. Sambil menengok kanan kiri melihat gundul dan tidak ada tanaman sedikitpun. Usut punya usut ternyata hutan gundul karena oknum perusahaan tertentu. Di sana Mirza bertemu dengan Agus yang juga bertemu dengan pihak kepolisian hutan peneliti. Mereka akhirnya sepakat untuk melakukan reboisasi. Dengan syarat buah-buahan makan menjadi milik warga. Tanah hanya hak pakai saja. Kesepakatan tersebut disetujui. Masyarakat ,Polisi Hutan dan Peneliti sama-sama tercapai tujuannya. 

Setelah selesai melakukan reboisasi si Mirza pulang ke Semarang untuk melanjutkan sekolahnya di SMP. Suatu ketika dia oleh Pak Ali disuruh untuk memaparkan karya ilmiahnya. Pak Ali pun terkesan dengan karya itu karena Mirza melakukan itu sendiri. Keunggulan buku ini Unggul dalam hal gambar editing yang bagus yang warna-warni. Setiap bacaan langsung diselingi dengan gambar-gambar. Bacaan yang tidak terlalu banyak untuk anak sangat cocok sekali. Kekurangan buku ini gambarnya kurang detail. Lebih detil akan membuat buku lebih menarik lagi. 

Buku ini untuk kalangan anak-anak dan remaja lebih suka dengan aneka gambar warna. Alternatif lain bisa dengan gambar dan teks cara ini akan membuat pembaca tidak bosan. Bosan hanya akan membuat minat baca turun. Pada tidak ada yang tertarik pada membaca buku. Zaman sekarang lebih tenar komik manga dari Jepang yang dengan menarik detail. Komik percakapan dengan ukuran buku yang kecil simpel dan mudah dibaca itulah bacaan yang laku di pasaran. Saran-saran untuk buku ini buatlah karya yang lebih menarik dalam desain. Buku kalau bisa buat seperti komik manga Jepang yang banyak peminatnya dan dilatarbelakangi kepahlawanan itulah yang sangat diminati oleh anak dan remaja.

link dibawah ini::::

https://youtu.be/erc3WGdMg0A

https://youtu.be/erc3WGdMg0A

 Muhamad Sigid12Pvctb5jatengdiy purworejo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhamad Sigid1vctb5jatengdiy purworejo